Program ini terfokus kepada penyaluran bantuan terhadap anak-anak yang menjadi korban dari krisis kemanusiaan di negeri Syam, khususnya di Suriah dan Palestina, dimana salah satu yayasan kemanusiaan di Turki mencatat dari akhir tahun 2017 hingga pertengahan tahun 2018 saja terdapat kurang lebih 151.500 orang anak usia sekolah yang terlantar sebagai akibat krisis kemanusiaan panjang yang terjadi di Suriah.

UNICEF sendiri mencatat dalam salah satu jurnalnya, bahwa diantara rentang tahun 2008-2013 saja sudah 576 anak-anak Palestina yang terbunuh dan 5.405 anak menderita luka-luka.
Program ini akan difokuskan pada dua program turunan :

  • Program Orang Tua Asuh Program ini menyasar anak-anak pengungsi dari Negara Palestina dan Suriah yang tersebar di sekitar wilayah Timur Tengah, termasuk Turki dengan memenuhi kebutuhan – kebutuhan pokoknya selama berada di kamp pengungsian.
  • Bersama Cerdaskan Syam Program ini menyasar para pengungsi dari Negara Palestina dan Suriah yang tersebar di sekitar wilayah Timur Tengah, termasuk Turki dengan tujuan membantu biaya pendidikan mereka, karena mereka berhak untuk memiliki masa depan yang lebih baik.